Saturday, May 5, 2018

Cara Menjaga Sebuah Persahabatan


"Persahabatan adalah kenangan sepanjang masa, sahabat juga sudah bisa dianggap sebagai saudara sendiri, siapa yang memiliki sahabat, jagalah dia dan jangan buat dia terluka".

"Sahabat bukanlah matematika yang dapat dihihitung nilainya, sahabat bukanlah ekonomi yang mengharapkan sebuah materi, dan sahabat bukanlah politik yang penuh dengan undang-undang".

Terkadang, dia bisa membuat kita kesal, bahkan dia bisa membuat kita marah, dan sebaliknya, kitapun juga melakukan itu, entah itu yg kita ketahui atau tidak kita ketahui, tapi justru karna adanya kekesalan dan kemarahan itu membuat adanya sebuah kenangan yang indah, khas, unik dan berkesan. Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu, bahkan bisa tumbuh bersama karenanya.

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis atau instan, akan tetapi persahabatan membutuhkan proses yang panjang dan waktu yang lama. Untuk mendapatkan ikatan batin persahabatan yang sesungguhnya, memerlukan kesabaran agar mendapatkan sesuatu yang terbaik. Persahabatan diwarnai dengan berbagai macam pengalaman suka dan duka, dihibur dan disakiti, dijauhi dan didekati, diperhatikan dan dikecawakan, didengar dan diabaikan, dibantu dan ditolak, jatuh dan bangun, namun semua ini tidak sengaja dilakukan dengan niatan kebencian, pasti ada tujuan lain yang memang sangat berarti.

Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihannya, justru karna kasihnya ia memberanikan diri untuk menegur apa adanya. Maka dari itu menjaga persahabatan sangatlah penting, disini saya akan memberi tahu bagaimana cara menjaga persahabat. Berikut cara-caranya.


1. Jadilah pendengar yang baik bagi temanmu

Jangan sekalipun kamu bersikap tidak peduli atau menghiraukan apa yang temanmu bicarakan. memberi nasihat kepada teman tidak apa, tapi jangan terlalu sering atau cepat karena itu bisa membuat temanmu kesulitan, berilah nasihat perlahan-lahan dan pastikan temanmu mendengarkan dan memahami apa yang kamu nasihati.

2. Cobalah mengerti karakter temanmu

Setiap orang memiliki kepribadian yang unik, hormatilah pendapatnya, walau kalian kadang bisa dapat berbeda pendapat.

3. Jagalah kepercayaan yang telah ia berikan

Jangan sekali-kali kamu memberitahukan rahasianya kepada orang lain, saling berjagalah rahasia, anggap saja diantara kalian ada sebuah permainan yang dimainkan oleh kalian.

4. Berilah dukungan kepada temanmu

Jika dia mempunyai beban pikiran atau dia sedang ada masalah, berilah dia dukungan, jangan membuatnya semakin pusing, jika dia meminta saran darimu, berikanlah dia saran yang benar-benar baik buatnya dan dapat mudah dipahami.

5. Jauhkan rasa iri kepada temanmu

Jangan pernah merasa iri kepada temanmu, kebahagianya adalah kebahagian mu juga, ikutlah berbahagia atas keberhasilannya.

6. Dekat bukanlah harus tergantung satu sama lain

Berikan pertolongan yang secukupnya, jagalah jarak yang wajar. Mundurlah sedikit jika kita merasa pertemanan sudah terlampau dekat. Dan sebaliknya, mendekatlah dikala kita merasa pertemanan sudah semakin merenggang.

7. Luangkan waktu untuk berefreshing bersama

Sisihkan waktumu untuk melakukan refreshing bersama temanmu, kembangkan sikap toleransi, fleksibelitas, assertive, empati dan belajar saling memahami.

8. Janganlah ragu untuk meminta maaf

Jangan pernah ragu untuk meminta maaf kepada temanmu saat kamu membuat kesalahan. Berusahalan untuk memperbaiki kesalahan dan keadaan, begitu juga sebaliknya, berikan maaf jika ia berbuat salah, dan pahami keadaannya.


"Berbuat baik lah kepada sahabat maupun teman anda, jangan memperbesar masalah, berikan saran-saran positif kepadanya, dan jadilah partner kehidupannya".



Baiklah cukup sampai disitu bahasan saya tentang bagaimana cara menjaga sebuah persahabatan, semoga bahasan saya tadi bermandaat untuk kalian yang sedang memiliki masalah dengan teman atau sahabat anda. Terimakasih


No comments:

Post a Comment